Mengetahui Perbedaan Antara SEO dan
SEM
Yang
sering dibahas adalah SEO atau Search Engine Optimization. Sebuah langkah
dengan tujuan untuk membuat sebuah halaman website masuk pada page rank pertama
dan tertinggi pada layanan mesin pencari khususnya Google Search. Lalu
bagaimana dengan SEM atau Search Engine Marketing? Mungkin Anda adalah salah
satu orang yang baru mendengar istilah ini.
Memang
sekilas agak membingungkan dan keduanya seperti memiliki fungsi yang
sama. Tentu saja tidak, karena SEM sebenarnya
lebih sederhana dibandingkan SEO.
Tujuannya saja yang sama yakni untuk membuat sebuah halaman banyak dikunjungi.
Jadi tidak ada salahnya Anda memanfaatkan trik SEO dengan SEM agar lebih
maksimal. Nah, berikut ini kami akan mencoba mengulas antara SEO dan SEM serta
apa saja perbedaan mendasarnya. Simak selengkapnya dibawah ini:
1. SEO
Sebelum
mengetahui apa itu SEM, Anda juga harus memahami dulu apa itu SEO. Seperti yang
sudah dijelaskan secara singkat diatas, Search engine optimizer atau optimasi mesin
pencari merupakan sebuah strategi merancang, menulis, coding khususnya dengan
XHTML serta pemrograman seluruh situs web guna mendapatkan kesempatan berada di
halaman utama pada fasilitas layanan mesin pencari menggunakan kata kunci dan
frasa tertentu.
SEO
yang murni adalah SEO On-Page karena starteginya benar-benar memanfaatkan
penggunaan kata kunci, judul halaman dan sebagainya. Semakin berada diatas dan
pada halaman awal, semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke situs tersebut.
Ada cukup banyak trik dan strategi SEO yang bisa dilakukan, baik yang membawa
pengaruh besar, pengaruh sedikit atau bahkan ada trik SEO yang sebenarnya tidak
membawa pengaruh apapun namun tetap dijalankan.
2. SEM
Ada
banyak artikel yang menuliskan tentang pengertian SEO dan berbagao strateginya.
Kini giliran Anda harus memahami SEM atau Search Engine Marketing. Ini
merupakan sebuah bentuk strategi pemasaran (Marketing) Internet yang tujuannya
adalah mempromosikan website pada halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar
memanfaatkan penempatan dengan tagihan, iklan kontekstual, maupun dengan
inklusi berbayar. Atau bisa berarti sebuah trik pemasaran via online dengan
cara meningkatkan visibility halaman Anda pada hasil pencarian di mesin
pencari.
Apabila
Anda masih bingung, sederhananya Search Engine Marketing adalah tentang
pengiklanan memanfaatkan kata kunci tertentu menggunakan search engine semacam
Google AdWords, Facebook Ads serta Yahoo Search Marketing. Pada umumnya,
pembayaran Search Engine Marketing biasanya dilakukan dengan cara pay per click
maupun dengan ketentuan berapa lama waktu.
Jadi
SEM dan SEO adalah dua hal yang cukup berkaitan erat. Hanya saja SEM menjadi
trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, namun dampaknya bisa cukup
besar. Lagipula sebuah perusahaan yang menawarkan layanan Search Engine
Marketing umumnya juga sekaligus memberikan layana tambahan SEO. Perusahaan
layana SEM nantinya akan mengoptimasi proyek pada situs web klien, kemudian
melakukan pengelolaan listing pada mesin pencari, mengirimke direktori situs
klien serta berusaha untuk mengembangkan strategi marketing online untuk klien
secara langsung.
3. Pentingkah Mengoptimalkan Visibility?
Penting
bila Anda memiliki tujuan. Sebagai contoh anggaplah Anda pada posisi sebagai
konsumen, dan saat ada seorang calon pembeli melakukan pencarian pada search
engine khususnya Google maka yang ia lihat adalah hasil yang tertampil paling
sesuai dengan “kata kunci” yang diketikkan pada halaman utama atau minimal
halaman ke 2 dan ke 3.
Pada
momen inilah visibilitas halaman website Anda menjadi hal yang cukup penting
mengingat akan sangat percuma apabila website Anda menawarkan produk maupun
informasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh calon konsumen namun hanya muncul
pada halaman 10. Tentu orang malas untuk mencari dan mengklik halaman 10 karena
yang mereka inginkan adalah akses cepat.. Akhirnya, memanfaatkan SEM calon
pembeli baka lebih mudah menemukan link menuju website Anda.
Keunggulan
lain dari SEM adalah dapat mentargetkan konsumen dari segi demografis. Bahkan
SEM bisa sangat spesifik menentukan iklan yang Anda miliki hanya muncul pada
audience yang menggunakan mesin pencari di kota tertentu. Kemudian SEM juga
bisa menargetkan orang yang memang tertarik dengan produk Anda memanfaatkan
ketikan nama produk pada search engine dari calon konsumen. Lihat ajuga artikel lainnya
ASR search result pagerank
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Mengetahui Perbedaan Antara SEO dan SEM"
Posting Komentar